Sabtu, 21 Juli 2012

SUAKA MARGASATWA LUNYUK

A.  Keadaan Umum
Letak, Luas dan Status
Suaka Margasatwa Lunyuk terletak di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa, Propinsi Nusa Tenggara Barat, secara astronomis berada pada posisi 116°42’ - 116°22’ BT dan 8°8’ - 9°7’ LS. Status Hukum Swaka Margasatwa Pantai Lunyuk berdasarkan Surat Rekomendasi Gubernur Propinsi Nusa Tenggara Barat No. 570/140/009 tanggal 19 Maret 1992.
Status penetapan Suaka Margasatwa Lunyuk telah diusulkan kepada Menteri Kehutanan oleh Kepala Kantor Wilayah Kehutanan Propinsi Nusa Tenggara Barat melalui suratnya No. 1429/Kwl-V/1996 dengan luas 3.000 Ha.
Topografi
Kawasan Suaka Margasatwa Pantai Lunyuk terletak di dataran pantai Selatan yang datar sampai bergelombang dengan arah menuju bagian Utara. Bagian yang datar diperkirakan 40% dan lainnya termasuk bergelombang, ketinggian antara 0 - 300 m dpl dengan kelerengan 5 – 15%.
I k l i m
Menurut pembagian iklim Schmidt dan Ferguson termasuk dalam iklim D dengan curah hujan rata-rata 1.500 – 1.950 mm/tahun. Temperatur minimal 22,2° C dan maksimum 36,9° C dan rata-rata per tahun 26° C.
B.  Potensi
Wilayah Perairan
Merupakan habitat peneluran Penyu Belimbing (Dermochelys coriceae) yang telah dilindungi, Penyu Sisik dan Penyu Hijau.
Wilayah Daratan
Terdapat beberapa jenis fauna yang dilindungi berdasarkan peraturan perlindungan binatang liar seperti antara lain Trenggiling (Manis javanica), Rusa (Cervus timorensis), Meong Cangkok/Kucing Hutan (Felis bengalensis).
Formasi Hutan
Formasi hutan pantai Lunyuk bagian terdepan didominasi oleh jenis Pandan (Pandanus tektoius) dan Pakis (Cycas sp.) yang termasuk dalam Cites Apendix II, Kangkung Laut (Ipomoeae pascapraea), Bakung-bakung (Crimen asiaticum), Seruni (Widelion biflora), sedangkan jenis Aves yang ada antara lain : Beo (Gracula religio Oriolus chinensis), berbagai jenis burung paruh bengkok (Perkici, Kakatua Putih Kecil Jambul Kuning, Betet dan lain-lain) serta berbagai jenis burung bangau/burung air yang mendiami di daerah muara sungai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar