Senin, 03 Maret 2014

Proses Pelantikan Kades Perung Terpilih Tetap Berjalan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Aktifitas pelayanan di Kantor Desa Perung Kecamatan Lunyuk, kembali normal. Itu menyusul setelah kantor yang sempat disegel pasca perhitungan suara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Rabu (12/2), dibuka oleh masyarakat setempat belum lama ini. 

Untuk memulihkan aktifitas roda pemerintahan desa ungkap Camat Lunyuk, Hisbullah, SSos, pihaknya untuk sementara waktu sudah menempatkan Sekretaris Camat (Sekcam) dan perlahan namun pasti pelayanan bagi masyarakat telah berjalan seperti biasanya lagi.

Menurut Hisbullah, reaksi protes dalam Pilkades merupakan hal biasa dalam pesta demokrasi. Ia pun mempersilahkan pihak-pihak yang ‘mungkin’ merasa dirugikan untuk mencari jalan keadilan melalui jalur hukum, karena ini memang sudah diatur dalam Perda.

Yang pasti sambungnya, proses pengesahan hasil pemungutan suara sampai pelantikan Kades terpilih tetap berjalan, karena ini semua merupakan tahapan dari Pilkades. 

Dijelaskan Hisbullah, pasca penyegelan kantor desa pihaknya langsung melakukan pertemuan dengan masyarakat. Dari pertamuan tersebut terkuak ada 3 indikasi yang muncul pertama tentang dugaan money politik, kedua validasi Daftar Pemilih tetap (DPT) dan terakhir netralitas pemegangan amanat yang ada di Desa Perung. “Semua masalah ini coba kami selesaikan sebelum pelantikan. Kalau memang masyarakat punya bukti laporkan saja ke Panwas. Yang pasti proses pengesahan sampai pelantikan tetap berjalan,” ujarnya.

Hal senada juga ditegaskan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa, H Yahya Adam, BA, bahwa proses Pilkades Perung ini tidak bisa dihentikan karena seluruh tahapannya sudah berjalan.

Meski demikian kata H Yahya, pihaknya tetap memberi peluang kepada masyarakat yang ingin menggugat hasil pemilihan suara sepanjang memiliki bukti yang kuat. “Kalau ada putusan pengadilan yang bersifat inkracht (bersifat tetap) baru kita tinjau ulang lagi, apakah dilakukan Pilakdes ulang atau tidak,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar