Senin, 03 Maret 2014

50 Desa Belum Miliki Sekdes

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Jabatan Sekretaris Desa (Sekdes) yang hingga kini masih lowong, ternyata cukup banyak. Dari 157 desa yang ada di Kabupaten Sumbawa, tercatat ada sebanyak 50 desa tersebar di 21 kecamatan yang saat ini tidak memiliki Sekdes.

Kosongnya jabatan Sekdes ini, bisa jadi dikarenakan jabatan tersebut mesti diisi oleh Pegawai Negeri Sipil (PNS), disamping juga ada pejabatnya yang meninggal dunia.

Ditemui Gaung NTB, Jum`at (7/2), Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa, Sahabuddin, BA, mengakui masih adanya jabatan Sekdes yang kosong ini. Diakui, Sahabuddin, sosok Sekdes ini sangat dibutuhkan agar pelayanan pemerintahan desa kepada masyarakat dapat berjalan maksimal. 

Menurutnya, ketika Kades tidak berada di tempat saat melakukan tugas luar, maka Sekdes lah yang diharapkan dapat menggantikan peran Kades sehingga roda pemerintahan desa tetap berjalan. 

Mengingat pentingnya sosok Sekdes ini sambung Sahabuddin, pihaknya dalam waktu dekat ini akan melakukan koordinasi dengan masing-masing camat, agar Sekdes yang kosong ini segera diisi. “Kami targetkan tahun ini terisi semua, sebab kebutuhan Sekdes ini tidak bisa ditawar lagi demi lancarnya roda pemerintahan desa,” tegasnya.

Dibagian lain Sahabuddin, menambahkan dari 8 desa yang sudah menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) awal tahun 2014 ini, 6 diantaranya SK pelantikan Kepala Desa (Kades) terpilihnya sudah diterbitkan oleh Bupati Sumbawa.

SK yang sudah diterbitkan ini adalah untuk pelantikan Kades terpilih Lenangguar, Gontar, Gontar Baru, Songkar, Lopok Beru dan Sukamaju.

Sementara untuk SK pelantikan Kades terpilih Hijrah dan Sebeok masih dalam proses. Sedangkan Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk, baru melaksanakan pemilihan tanggal 10 Februari, begitu juga dengan Desa Perung Kecamatan Lunyuk, baru menggelar pemilihan tanggal 12 Februari mendatang. “Kapan pelantikan Kades terpilih ini dilaksanakan tergantung kesiapan desa dan camat. Kalau kami (BPM-PD) menargertkan semua Kades terpilih harus sudah dilantik bulan Februari ini juga,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar