Senin, 08 September 2014

Pejabat Konjen AS Sambangi Bupati Sumbawa


Konjen Amerika Serikat mengunjungi Bupati Sumbawa 
Sumbawa, PSnews – Pejabat Konjen Amerika Serikat (AS) bidang politik/ekonomi, Joanne I Cossitt, berkunjung ke Kabupaten Sumbawa dan mengunjungi Bupati Sumbawa, Kamis (04/09/2014). Joanne Cossitt yang telah berada di Sumbawa sejak Rabu (03/09/2014) atas undangan Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) DR Zulkieflimansyah bertemu Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik di ruang kerjanya. Dalam pertemuan tersebut, Bupati Sumbawa menyambut baik kedatangan Konsulat Jenderal Amerika tersebut yang didampingi oleh I Made Sudarma dan Ketut Subrata dari East Bali Cashew. East Bali Cashew merupakan pabrik kacang mete yang didirikan oleh warga AS di Bali Timur. Mereka sedang menjajaki kemungkinan membuka pabrik di Sumbawa Besar, dimana mereka mengolah biji kacang mete yang tenaga kerja utamanya adalah perempuan.

Tujuan kunjungan ke Sumbawa Besar selain untuk  mengunjungi pondok pesantren Abu Bakar dan KADIN, juga untuk menjajaki upaya investasi di Sumbawa di bidang pengolahan biji kacang mete dengan membangun pabrik di Kabupaten Sumbawa yaitu East Bali Cashew.

Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik menyambut baik niatan perusahaan ini dan menyampaikan bahwa iklim investasi di Sumbawa cukup menjanjikan karena kondusifitas yang tetap terjaga dan karakter masyarakatnya yang egaliter dan ramah terhadap pendatang.

Bupati Sumbawa menginginkan agar pabrik pengolahan biji mete tersebut dapat dibangun di Kabupaten Sumbawa. Sehingga masyarakat Sumbawa dapat langsung merasakan manfaatnya baik dengan bekerja sebagai karyawan maupun sebagai pemasok bahan mentah yaitu biji mete.

“Kami berharap agar produk yang dihasilkan dapat membawa brand Sumbawa sehingga masyarakat baik nasional maupun internasional mengetahui bahwa Kabupaten Sumbawa memiliki produk-produk olahan yang unggul dan dapat bersaing dipasaran. Secara teknis niatan tersebut akan ditindaklanjuti ke Bappeda Kabupaten Sumbawa dan dinas teknis terkait lainnya,” papar bupati.

Mrs. Cossitt berharap agar Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat mengirimkan data-data potensi yang ada di Kabupaten Sumbawa ke Konjen Amerika di Surabaya agar dapat disampaikan ke pengusaha-pengusaha Amerika yang berniat untuk berinvestasi di Kabupaten Sumbawa. (PSb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar