Rabu, 09 Juli 2014

Kecamatan Lunyuk Pusat BBGRM ke-IX

Pengecekan Gotong Royong, Pembangunan Jembatan Kayu, Emang Lestari (web) 

Sumbawa, PSnews – Kecamatan Lunyuk, menjadi pusat kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  (BBGRM) ke-IX. Kegiatan ini dimulai sejak Senin (05/05/2014) di lapangan sepak bola Kecamatan Lunyuk. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42 Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2014. Bupati Sumbawa, Jamaluddin Malik menyampaikan BBGRM dan HKG PKK bukanlah acara seremonial semata. Tapi merupakan sikap konsisten untuk melaksanakan pembangunan dan memberdayakan masyarakat sekaligus memupuk dan memicu semangat gotong-royong masyarakat, menumbuhkembangkan nilai-nilai kearifan lokal, solidaritas dan kesetiakawanan. Sehingga mampu menjadi kekuatan pendukung pembangunan berkelanjutan menuju terciptanya kemandirian masyarakat yang sejahtera lahir dan batin yang dilandasai iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selanjutnya Bupati Sumbawa menyampaikankan bahwa kegiatan ini bukan hanya dilaksanakan pada saat bulan bhakti berlangsung, namun juga menjadi spirit untuk selalu diimplementasikan sepanjang tahun.

Pada kesempatan ini, Bupati Sumbawa sekaligus melaunching Rumah Tunggu Kelahiran sebagai sebuah upaya di bidang kesehatan untuk meningkatkan deteksi dan penanganan dini pada ibu hamil, ibu bersalin yang pada akhirnya dapat menekan jumlah kasus kematian akibat keterlambatan sampai ke fasilitas kesehatan dan penanganannya.

Rumah Tunggu Kelahiran juga merupakan wujud peran serta masyarakat untuk peduli terhadap ibu hamil, ibu bersalin karena pengelolaan dan operasional Rumah Tunggu Kelahiran didukung sepenuhnya oleh masyarakat dengan difasilitasi oleh instansi kesehatan.

Setelah membuka acara BBGRM ke-XI dan HKG PKK ke-42 serta melaunching Rumah Tunggu Kelahiran Totang Kecamatan Lunyuk, selanjutnya Bupati Sumbawa beserta rombongan meninjau kegiatan gotong royong masyarakat di Lapangan Udara Desa Perung, Penanaman Pohon di Desa Padasuka dan sepanjang jalan menuju Kalbir, Peninjauan Gotong Royong Pembangunan Jembatan Kayu di Desa Emang Lestari. (PSb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar