Senin, 22 April 2013

PNPM Lunyuk Bagikan Dana Surplus

Lunyuk, Gaung NTB – PNPM Kecamatan Lunyuk kembali membagikan dana surplus dari dana simpan pinjam yang telah digulirkan sejak Tahun 2007. Pembagian dana surplus ini yang kedua kalinya setelah sebelumnya dibagikan pada Tahun 2012 lalu.
Kali ini, dana surplus dari kegiatan simpan pinjam yang dilakukan Kecamatan Lunyuk untuk Tahun 2012 dibagikan kepada tujuh desa. Kegiatan pembagian dana ini dilakukan sejak 7—10 April dengan jadwal setiap hari 2 desa mengingat luasnya wilayah Kecamatan Lunyuk.
Pembagian dana surplus tersebut setelah melalui kesepakatan yang melibatkan UPK Kecamatan Lunyuk dan berkoordinasi dengan Badan Koordinasi Antar Desa (BKAD), serta data desa yang lolos dalam verifikasi oleh tim verifikasi guna penentuan warga yang layak maupun tidak layak dalam pemberian dana tersebut. Sebab dalam pembagian bantuan kepada masyarakat ini dibagi menjadi 3 kelompok warga baik yang mendapatkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 4,2 juta untuk 75 orang, paket sembako fakir miskin Rp 4,5 juta untuk 105 orang dan bedah rumah Rp 17,5 juta untuk 14 orang.
Untuk diketahui, dana Surplus pada Tahun 2012 yang dbagikan kembali kepada masyarakat mencapai Rp 28.927.500 yang diperoleh dari masyarakat selaku peminjam dana Simpan Pinjam Perempuan masing-masing kelompok pada tiap desa di Kecamatan Lunyuk.
Camat Lunyuk Lukmanuddin S.Sos yang hadir pada acara penutupan pembagian Bantuan Sosial tersebut, memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua unsur di PNPM Lunyuk yang telah terlibat dalam kegiatan tersebut dari awal hingga akhir. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada PNPM karena dari kegiatan selama ini telah mampu memberikan konstribusi kepada masyarakat Lunyuk termasuk orang jompo, fakir miskin dan warga yang memiliki rumah tidak layak huni,” ucapnya seraya berharap kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan di masa mendatang.
Sementara itu Ketua UPK Kecamatan Lunyuk, Ari mengatakan kegiatan tersebut akan dijadikan agenda tahunan dan berharap kelompok binaan PNPM dapat berjalan mulus. “Semoga pembayaran SPP di masyarakat pada tahun mendatang lebih baik lagi dan itu mencerminkan keberhasilan masyarakat. Dana ini dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat,” ujarnya.
Pantauan Gaung NTB, PNPM di Kecamatan Lunyuk telah membawa perubahan mendasar di masyarakat dalam meningkatkan UKM dan pembangunan fisik di setiap desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar