Jumat, 05 April 2013

Newmont Tetap Netral Tanggapi Perselisihan SPSI

Benete, Sumbawanews.com.- PT Newmont Nusatenggra (PTNNT) menyatakan netral terkait perselisihan Pekerja Seluruh Indonesia Serikat Pekerja Kimia, energi dan Pertambangan ( PUK SPKEP SPSI) PTNNT antara kubu Zainuddin Wanden dan Petrus Madi.
 
"Sikap PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) adalah akan tetap netral dalam kasus perselisihan internal kepemimpinan di SPSI.  Pada dasarnya, keputusan mengenai siapa yang memimpin serikat pekerja ada di tangan karyawan PTNNT, bukan di perusahaan," ungkap Senior Media Relations & Projects PTNNT Baiq Idayani kepada Sumbawanews.com, Kamis (4/4) petang.
 
Dijelaskanny pada periode sebelumnya, suara karyawanlah yang menentukan siapa yang akan memimpin SPSI di PTNNT.  Mengingat tidak ada pemilihan saat ini, terdapat ketidakpastian mengenai apa yang harus dilakukan agar perubahan kepemimpinan di SPSI sesuai hukum dan berjalan semestinya.  Merupakan hal yang tidak tepat jika PTNNT diharuskan untuk memilih salah satu pihak karena perusahaan tidak berhak mengambil keputusan terkait perselisihan ini.
 
Hingga terdapat kejelasan mengenai hal ini dari pihak SPSI, anggota dan pejabat yang berwenang, PTNNT berpendapat bahwa perusahaan berkewajiban mempertahankan status quo.  
 
"Saat ini, PTNNT sedang meminta arahan dari Kementerian Tenaga Kerja dan mendesak semua tingkatan kepengurusan di SPSI, para pihak yang berselisih atas kepemimpinan SPSI di PTNNT dan pejabat pemerintah terkait agar segera mencapai kesepakatan demi kepentingan karyawan PTNNT," ungkas Ida. (sn01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar