Rabu, 01 Juli 2015

Polisi Harapkan Dukungan

 
 AKBP. Karsiman

SUMBAWA-Aksi pencurian ternak di wilayah Kabupaten Sumbawa belakangan ini kembali terjadi. Untuk mencegah aksi tersebut kembali terjadi, diperlukan peran dari semua pihak untuk menjaga keamanan wilayah.

Kapolres Sumbawa, AKBP. Karsiman mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengamanan secara maksimal. Pihaknya sudah membentuk Unit Kecil Lengkap (UKL) yang dikelilingkan ke seluruh kecamatan. Namun, dalam melakukan pengamanan tidak bisa dilakukan sendiri. Ada peran pemerintah, DPRD dan masyarakat itu sendiri.

Diungkapkan, setiap anggotanya dari Kecamatan Alas Barat hingga Kecamatan Lunyuk sudah dilengkapi dengan senjata. Tujuannya untuk menahan dan mencegah terjadinya pencurian ternak. Tapi pihaknya tidak bisa memback-up sepanjang pantai mengingat luasnya wilayah Kabupaten Sumbawa. Karena 40 persen Provinsi NTB adalah Sumbawa. Jadi harus diback-up oleh pemerintah dan masyarakat khususnya.

Informasi mengenai adanya mata-mata kawanan pencurian ternak juga sangat terasa. Karena setiap gerakan polisi selalu ketahuan. Apabila polisi sedang bergerak, kawanan pencuri ternak tidak berani masuk ke dalam wilayah. Diduga kuat ada orang dalam yang menginformasikan kepada kawanan pencuri ternak.

Dalam hal ini, pihaknya belum bisa menebak asal kawanan pencurian ternak ini. Mereka masuk ke wilayah Sumbawa menggunakan perahu dengan kekuatan yang cukup memadai.

Selain itu ada solusi untuk membuat pos terpadu yang isinya masyarakat, Polisi, TNI, Satpol PP. Rencana ini akan dianggarkan untuk mencegah makin meluasnya aksi pencurian ternak. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Polda NTB. Dalam hal ini, Polda sudah menurunkan personel brimob untuk membantu masyarakat.

Rencananya akan ada penambahan transportasi untuk membantu pencegahan pencurian ternak. Untuk biaya operasional sendiri memang tersedia anggaran untuk melaksanakan operasi rutin. Namun untuk kejadian seperti ini, pemerintah daerah juga diharapkan bisa mendukung. Sehingga semua potensi yang ada bisa digerakkan untuk mencegah terjadinya aksi pencurian ternak. (run)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar