Rabu, 01 Juli 2015

Warga Lunyuk Perketat Pengamanan

SUMBAWA– Aksi kawanan perampok bersenjata api beberapa waktu lalu belum hilang dari ingatan warga Kecamatan Lunyuk.

Agar kejadian serupa tidak kembali terulang, masyarakat setempat memperketat keamanan.

Kapolsek Lunyuk, Ipda. Sumardi mengatakan, pengamanan dilakukan dengan cara ronda malam oleh masyarakat di masing-masing desa dengan jumlah sekitar 40 orang setiap malam. ”Ada yang standby di pos ronda, ada juga yang keliling memantau wilayah,” ujarnya.

Selama melakukan ronda, masyarakat juga aktif berkomunikasi menggunakan handphone. Ada juga masyarakat yang ikut melakukan penyisiran di sekitar wilayah pantai bersama anggota polisi. Masyarakat ikut dilibatkan mengingat wilayah Polsek Lunyuk yang cukup luas.

Pengetatan pengamanan ini dimaksudkan untuk mengantisipasi tindakan kriminal yang lain. Saat musim tanam, panen dan puasa, biasanya intensitas pendatang yang masuk ke Kecamatan Lunyuk lebih banyak. ”Kita kan tidak tahu apakah pendatang itu datang untuk bekerja atau ada tujuan lain,” imbuhnya.

Selain itu, masyarakat juga meletakkan sejumlah drum di tengah jalan di pintu masuk tiap-tiap desa setelah pukul 24.00 Wita. Sejumlah masyarakat juga berjaga-jaga. Hal ini dilakukan, agar pendatang yang melintas atau masuk ke wilayah mereka berhenti sejenak. Setelah itu, masyarakat akan menanyakan maksud dan tujuan kedatangan mereka. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengantisipasi tindak kriminalitas. ”Dengan adanya ronda masyarakat membantu kami dalam melakukan pengamanan,” katanya.

Terkait adanya dugaan keterlibatan orang dalam pada aksi perampokan beberapa waktu lalu, menurut Sumardi indikasi tersebut memang ada. Tapi untuk membuktikannya diperlukan alat bukti yang cukup kuat. (run/radar sumbawa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar