Jumat, 06 Desember 2013

Sumbawa Masuk 26 Nasional Daerah Kategori Siap Siaga

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menetapkan Kabupaten Sumbawa pada peringkat 26 nasional daerah kategori siap siaga. Ini dikarenakan wilayah Sumbawa rawan terjadi bencana terutama memasuki musim hujan. Ditemui Gaung NTB, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumbawa, Ir Mukmin MSi, mengatakan untuk mewaspadai terjadinya bencana memasuki musim hujan ini, pihaknya telah menyiapkan Tim Reaksi Cepat (TRC).

Menurut Mukmin, ada tidaknya bencana BPBD bersama TRC harus tetap siaga sesuai tupoksi melakukan evakuasi penyelamatan apabila terjadi bencana. Apalagi dengan kondisi saat ini sudah mulai memasuki musim penghujan, masyarakat tidak perlu takut karena BPBB dan TRC sudah disiapkan untuk menghadapi hal-hal yang bersifat emergensi. Tidak hanya bencana alam sambungnya, tetapi juga bahaya dari akibat bencana alam itu seperti muntaber, demam berdarah dan penyakit gatal-gatal ikut terlibat untuk menanggulanginya. 

Sosialisasi juga sudah dilakukan hampir diseluruh kecamatan. Ini dilakukan untuk mewaspadai perubahan musim, termasuk membentuk Lembaga Tim Siaga Bencana Desa, dengan personil sebanyak 120 orang yang baru dibentuk di dua Kecamatan Moyo Hilir dan Moyo Hulu. “Rencananya tahun depan akan dibentuk lagi dibeberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar