Minggu, 06 Oktober 2013

Bupati Sumbawa Kukuhkan Bunda PAUD Kecamatan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Bupati Sumbawa, Drs H Jamaluddin Malik, mengukuhkan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Sumbawa, di Wisma Daerah Sumbawa, belum lama ini. Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan ini merupakan tindaklanjut dari program Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa dengan harapan para Bunda PAUD Kecamatan ini akan memberikan andil yang besar dalam pengembangan PAUD di kecamatan.

Bupati Sumbawa Drs H Jamaluddin Malik, dalam arahannya mengajak semua pihak untuk melakukan pembinaan untuk menciptakan anak didik yang lebih berkualitas. “Pengukuhan ini merupakan salah satu upaya secara bersungguh-sungguh untuk menciptakan anak didik agar memiliki daya saing dan mampu menciptakan karakter pada anak Usia dini yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Menurut JM—sapaan akrab Bupati Sumbawa, bahwa salah satu misi daerah Tahun 2013, adalah generasi penerus yang mampu bersaing dan memiliki tingkat intelektualitas bahkan melebihi generasi-generasi yang ada di daerah lain. Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu daerah yang menjadi pilot project program PAUD. Bahkan kata JM, Kabupaten Sumbawa juga dijadikan sebagai narasumber dalam rangka mencari Pola PAUD yakni PAUD Holistik dan Integratif. “Kabupaten Sumbawa menjadi sumber sekaligus pembicara di tingkat nasional, sehingga pada tahun 2007 daerah ini dijadikan model PAUD terintegrasi bagi kabupaten lain karena memiliki PAUD terintegrasi,” akunya. 

Pembinaan terhadap PAUD ini jelas JM, tidak hanya di tingkat kabupaten tetapi di tingkat kecamatan dan desa, juga harus lebih ditingkatkan agar setara dengan daerah lain. “Dengan dikukuhkannya ini diharapkan dapat menjadi motivator dalam dunia pendidikan anak agar mencapai peningkatan proses belajar mengajar lebih baik terutama di kecamatan dan desa,” harapnya. 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan, memotivasi masyarakat secara keseluruhan sehingga terjadinya proses yang dapat menumbuhkan kesadaran secara luas. “Ketika kita menginginkan anak didik lebih berkualitas, peran orang tua dan masyarakat sangat penting dari peran di lembaga itu sendiri atau di sekolah,” cetusnya. 

Sementara itu Kadis Diknas Sumbawa, Sudirman S.Pd melaporkan, bahwa keberadaan dan peran Bunda PAUD telah memberikan konstribusi yang sangat besar dalam upaya perluasan dan pemerataan akses layanan PAUD di Indonesia. “Meningkatnya akses dan mutu layanan PAUD ini, bukan semata-mata ditentukan oleh pemerintah, tetapi peran aktif dari Bunda PAUD dari tingkat pusat hingga desa dalam mendukung dan membangun kepedulian masyarakat terhadap PAUD,” paparnya.

Pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan se Kabupaten Sumbawa, merupakan langkah awal untuk sebuah tugas yang sangat besar. Diharapkan juga dapat menjadi gerakan bersama dalam membangun komitmen seluruh lapisan masyarakat dari tingkat paling bawah untuk memberikan dan memenuhi apa yang menjadi hak anak-anak.

“Melalui Bunda PAUD ini diharapkan mampu menjadikan PAUD sebagai langkah strategis dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang nantinya mampu bersaing di era globalisasi,” demikian Sudirman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar