Minggu, 06 Oktober 2013

Samsat Sumbawa Optimis Capai Target 42 M

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Meski tinggal 3 bulan, UPTD Pelayanan Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PPDRD) atau Samsat Kabupaten Sumbawa optimis mencapai target penerimaan pajak kendaraan bermotor pada Tahun 2013 ini mencapai Rp 42 miliar. “Kami yakin dan optimis target bisa tercapai,” kata Kepala Samsat Sumbawa, Abdullah Masrang SH MH didampingi Kasi Pendataan, Penetapan dan Penagihan (P3), Drs M Husni S.Sos M.Si, Kamis (3/10).

Keyakinan tersebut ungkap Abdullah, karena penerimaan pajak hingga September 2013 sudah mencapai 76 persen. Sisa 24 persen akan digenjot mengingat masih banyak potensi pajak yang belum tergarap. 

Tentunya dibutuhkan kerja keras dengan memaksimalkan penerimaan pajak melalui Geray dan Drive Thru yang telah dibuka di beberapa titik seperti Geray Senyaman Ate Kecamatan Alas, Drive Thru Saliper Ate Labuhan Sumbawa dan Geray Sasopo Ate Kecamatan Plampang. Geray ini dibuka untuk mendekatkan pelayanan yang cepat dan tepat. Upaya lainnya lanjut Abdullah, menggiatkan patroli gabungan untuk menjaring dan mengingatkan para pemilik kendaraan bermotor terhadap kewajibannya membayar pajak, termasuk pengguna kendaraan dinas. Kemudian Samsat keliling ke wilayah kecamatan yang sulit terjangkau.
Penerimaan pajak dapat juga diperoleh dari pengurusan kendaraan baru terutama roda dua yang setiap bulannya bisa mencapai 4.000—5.000 unit. Berdasarkan catatan akhir Tahun 2012, obyek penerimaan pajak kendaraan bermotor mencapai 86.774 unit. setiap bulannya akan terus bertambah, menyusul meningkatnya daya beli termasuk kemudahan masyarakat memperoleh kendaraan secara kredit. “Ini sumber yang cukup potensial,” akunya. Ini adalah tantangan yang harus dirubah menjadi sebuah harapan. Dengan kerja keras dan dukungan masyarakat, Ia yakin target yang dibebankan akan tercapai. 

“Prinsip kita adalh 3T yakni Tepat Waktu Tepat Jumlah, dan Tepat Sasaran. Jangan persulit rakyat karena rakyat membawa uang. Posisi diri kita sebagai pelayan dan rakyat adalah majikan yang harus dilayani dengan baik,” tandasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar