Selasa, 11 Juni 2013

Penipuan Catut Nama Pejabat Bappeda, Sasar Sejumlah Kades

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Kepala desa di daerah ini kudu waspada. Sebab beberapa hari belakangan ini kerap dihubungi oknum yang mengaku sebagai Sekretaris dan kepala Bappeda Sumbawa via telepon untuk meminta sejumlah uang.
Kepala Bappeda Sumbawa, Lalu Suharmaji ST MT kepada Gaung NTB menegaskan bahwa penelepon itu adalah penipu dengan mencatut nama pejabat Bappeda. Suharmaji menyebutkan ada 4 kepala desa yang sudah dihubungi oleh orang yang mengaku Sekretaris Bappeda. Adalah Kades Lunyuk, Rhee, Lebin, dan Kades Tepal.
Kepada para kades ini penelepon itu menjanjikan proyek pembangunan infrastruktur desa, dengan anggaran sebesar Rp 500 juta.
Untuk mengkonfirmasikan kembali soal proyek tersebut, Sekretaris Bappeda gadungan ini meminta kepala desa agar menghubungi Kepala Bappeda Sumbawa sembari memberikan nomor HP. Dalam aksinya, penipu ini menyebutkan syarat untuk mendapatkan proyek tersebut diharuskan memberikan uang sebanyak 20 persen dari total nilai proyek.
Aksi tersebut diketahui kata Suharmaji, setelah adanya salah seorang camat yang mempertanyakan kepada Sekban Bappeda Imam Sopingi S.Sos mengenai uang 20 persen. Imam pun kaget dan membantah menghubungi para kades, sekaligus menegaskan hal itu adalah aksi penipuan. Suharmaji menegaskan tidak ada program pembangunan infrastruktur desa dengan anggaran sebesar Rp 500 juta.
Dijelaskan Suharmaji, program Tahun 2013 ini telah dibahas dalam Musrenbang baik Musrenbang kecamatan maupun kabupaten. Karenanya Ia menghimbau seluruh camat dapat menyampaikannya kepada kepala desa agar tidak menjadi korban penipuan. Suharjami juga meminta apabila ada telepon atau siapa saja yang menjanjikan proyek, dapat mengkonfirmasikannya kepada camat atau langsung kepada pihak Bappeda Sumbawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar