Sabtu, 29 Juni 2013

Masyarakat Diminta Berperan Cegah Bangkitnya Café Batu Gong


cafe batu gong diratakan dengan tanah 
Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa, Jamaluddin Malik, meminta masyarakat supaya berperan aktif dalam mencegah bangkitnya kembali aktifitas hiburan malam berupa cafe di kawasan Batu Gong. Bupati menilai, peran Pemda saja tidak akan cukup untuk menjaga kondusifitas wilayah.

“Peran aktif masyarakat, sangat membantu pemerintah untuk menjaga keamanan dan ketertiban daerah. Pemerintah tidak bisa melakukan pengawasan terhadap semua hal seorang diri,” ujar Bupati yang ditemui di sela-sela kesibukannya, Jum’at (28/06/2013).

Bupati menegaskan, Pemda Sumbawa tetap menertibkan kawasan tersebut dengan menggelar operasi yustisia. Pasalnya, ketika pengusaha di kawasan Batu Gong mengatakan bahwa sudah tidak ada aktifitas hiburan malam di kawasan itu, masyarakat masih belum percaya. Lagipula image tentang Batu Gong yang berkembang di masyarakat bahwa hiburan malam, kembali bangkit di kawasan itu. Ia memandang, image itu mendekati kebenaran jika dilihat dari luar. Misalnya cara berpakaian para pekerja di kawasan itu dan para pekerjanya masih keluyuran hingga tengah malam.  

Bagi para pengusaha terkait, diharap jangan sampai memancing emosi masyarakat yang ditakutkan akan menimbulkan korban jiwa dan harta dikemudian hari.
Bupati juga menyinggung peran para pemuka agama supaya tidak hanya melakukan ceramah di tempat ibadah saja. Menurutnya yang jauh lebih penting jika ceramah itu bisa dilakukan di luar tempat ibadah agar masyarakat bisa lebih tercerahkan mengenai persoalan agama.

Pemda juga mulai menertibkan para pendatang. Kepada Ketua RT dan RW, diminta untuk menertibkan warganya masing-masing. Bila ada pendatang yang ingin tinggal di kawasannya, maka harus dimintai identitas secara detail dan jelas.

“Bila masyarakat hanya diam dan pemerintah yang disuruh bergerak sendiri, maka pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya. Dalam undang-undang nomor 32 tahun 2004 mengenai pemerintah daerah, disebutkan, sebenarnya pemerintah adalah fasilitator. Yang melaksanakan semua pembangunan di daerah adalah masyarakat. Karena itu, jelas Bupati, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan. (PSb)

2 komentar:

  1. masyarakat sumbawa sangat mendukung cegah bangkitnya café batu gong.....

    BalasHapus