Minggu, 16 Juni 2013

BPS Sumbawa Dukung Percepatan Penanggulangan Kemiskinan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Hal dibuktikan dengan telah diserahkannya hasil pendataan Tahun 2011 kepada Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K). “Kami sudah menyerahkan datanya secara global kepada tim pusat tersebut,” kata Kepala BPS Sumbawa, Drs Saphoan kepada Gaung NTB di ruang kerjanya, Kamis (13/6).
Dari data inilah ungkap Saphoan, menjadi acuan TNP2K untuk menentukan siapa yang akan diberikan bantuan. Dalam data yang dikirim secara global ini meliputi orang miskin dengan indicator rumah belum memiliki listrik, plafon dan dinding rumah rusak berat.
Diakui Sophoan, banyak program pusat yang diluncurkan untuk mengentaskan kemiskinan. Seperti Bantun Siswa Miskin (BSM), Program Keluarga Harapan (PKH) dan Jamkesmas. “Semua program ini mengacu data Tahun 2011, karena data Tahun 2012 belum dirilis yang diperkirakan akan dilakukan Agustus 2013 mendatang,” tandasnya.
Disinggung tudingan berbagai pihak kepada BPS yang dinilai keliru dalam melakukan pendataan karena masih banyak masyarakat miskin yang belum terakomodir, diakui Saphoan.
Namun tudingan itu menurutnya karena masyarakat belum paham. “Kami hanya mendata saja, yang menentukan siapa yang mendapat program itu adalah pusat, bukan kami,” ujarnya memberikan klarifikasi.
Jika memang masyarakat belum puas dan dinilai bantuan salah sasaran, Saphoan menyarankan bersurat ke TNP2K. Tapi sebelumnya melalui musyawarah desa guna memastikan siapa yang layak mendapatkan bantuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar