Senin, 03 Juni 2013

Siswi SMK 3 Sumbawa Raih Nilai Tertinggi UN Tingkat Kabupaten

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan pelajar di SMK Negeri 3 Sumbawa. Putri Erwanda—siswi di salah satu sekolah unggulan dalam Kota Sumbawa itu, meraih nilai tertinggi urutan pertama untuk nilai Ujian Nasional (UN) murni jenjang SMK di Kabupaten Sumbawa, dengan nilai akhir 34,30.
Ditemui Gaung NTB, Rabu, (29/5), kepala sekolah setempat, Dra Sri Hartini Marga, tak mampu menyembunyikan rasa bangga atas raihan yang dicapai anak didiknya dalam pelaksanaan ujian tahun ini kendati dalam level tingkat kabupaten.
Apa yang ditunjukkan siswanya ini ujar Tin—sapaan akrabnya, menunjukkan bahwa kualitas pelajar di Kabupaten Sumbawa tidak kalah saing dengan daerah lain dan patut diperhitungkan.
Keberhasilan meraih nilai tertinggi pertama dalam ujian ini sambungnya, menandakan kurikulum yang diterapkan sudah dijalankan dengan sangat baik oleh seluruh stake holder yang ada di sekolah.
Tidak sampai di situ, demi meraih hasil maksimal pihak sekolah sampai rela mengambil kebijakan memberikan les gratis bagi siswa yang akan mengikuti ujian. “Alhamdulillah, semua upaya yang kami lakukan berbuah manis. Tak hanya meluluskan 100% peserta UN, siswa kami juga meraih nilai tertinggi pertama untuk tingkat kabupaten. Keberhasilan ini juga tidak lepas dari tangan dingin guru pembimbing yang tanpa lelah terus memberikan motifasi kepada siswa,” tandasnya.
Lebih lanjut Tin, mengatakan agar prestasi Putri Erwanda ini dapat dipertahankan oleh siswa SMK 3 Sumbawa lainnya, pihak sekolah bakal memberikan penghargaan atas kebanggaan yang telah diberikan bagi sekolahnya.
Sementara itu data yang diperoleh dari Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Dikmen Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Shalahuddin MA, SH, menyebutkan untuk peringkat dua tingkat SMK diraih Silvi Kaffa dari SMK 1 Sumbawa dengan nilai akhir 33,78 sementara peringkat tiga disabet Dwi Febriani (SMK 2 Sumbawa) dengan nilai akhir 33,64.
Untuk peringkat 10 besar SMK sendiri posisi pertama diraih SMK 1 Sumbawa disusul SMK 2 Sumbawa, SMK 3 Sumbawa, SMK 1 Alas, SMK 1 Tarano, SMK 1 Lenangguar, SMK 1 Plampang, SMK 1 Lopok, SMK Mercury Sumbawa dan SMK 1 Lunyuk.
Lantas bagaimana dengan tingkat SMA ?. Untuk SMA jurusan IPA peringkat tiga besar semuanya diborong pelajar SMA Negeri 1 Sumbawa. Mereka adalah Nita Yuniarsih (54,35), Fajar Perdana Putra (51,90) dan Dewi Rizki (51,85).
Sedangkan jurusan IPS diraih Rina Suprapti (49,95) dan Dilla Zafarina (48,80)—keduanya dari SMA 1 Sumbawa serta Sundari (47,75) dari SMA 1 Utan. “Dari segi perolehan nilai UN murni tahun ini memang mengalami sedikit penurunan, tapi dari segi persentase kelulusan meningkat tajam,” pungkasnya.

1 komentar: