Kamis, 09 Mei 2013

1050 Orang akan Ikuti PKBM 2013

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Pendidikan bukan semata mendidik seseorang untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), di sisi lain pendidikan selayaknya mendidik masyarakat menjadi lebih mandiri seperti pelatihan kursus menjahit dan mengelas.
Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kabupaten Sumbawa, Sudirman Malik SPd, pada kegiatan lounching program keterampilan dasar mengelas bagi warga belajar pria dan keterampilan dasar menjahit bagi warga belajar wanita program Paket B dan C kerjasama antara Dinask Diknas dengan PT NNT, di aula kantor Camat Moyo Hulu, Senin, (6/5).
Untuk mengikuti kegiatan mengelas dan menjahit ini ujar Dirman Malik—sapaan akrabnya, sebagian besar masyarakat terkadang gengsi untuk mengikuitnya, padahal di dunia pendidikan tidak pernah mengenal kata gengsi selama tujuan yang ingin dicapai adalah baik. “Selama tujuannya baik, kita tidak boleh gengsi bila ingin maju,” katanya dikegiatan yang juga dihadiri camat, kapolsek, kepala sekolah dan tokoh masyarakat setempat itu.
Kegiatan ini bakal berlangsung dari tanggal 6 Mei hingga 22 Juni mendatang dan dilaksanakan di 6 kecamatan yakni Moyo Hulu, Lenangguar, Orong Telu, Lantung, Ropang dan Lunyuk. Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dilaksanakan di 14 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) dengan jumlah warga belajar 1050 orang.
Saat warga belajar ini duduk di kelas I sambung Dirman Malik, mereka diberikan pelatihan aplikasi dasar komputer, dan di kelas II sekarang diberikan keterampilan mengelas dan menjahit. Sementara saat di kelas III nanti warga belajar ini akan diberikan keterampilan tentang agribisnis baik dibidang perikanan dan pertanian.
Pelatihan yang diberikan ini tegasnya, selain untuk meningkatkan taraf hidup warga belajar juga memberikan kesempatan melamar kerja melalui keterampilan yang didapatnya.
Sementara itu Camat Moyo Hulu, Zubaidi SPd, berharap kepada peserta untuk mengikuti seluruh proses KBM sehingga ilmu yang diperoleh kelak dapat dimanfaatkan baik bagi pribadi maupun untuk orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar