Kamis, 09 Mei 2013

6 Desa Masuk Nominasi Lomba Desa Terintegrasi Tingkat Kabupaten

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Sebanyak 6 Desa atau kelurahan masuk nominasi lomba desa terintegrasi tingkat kabupaten yang digelar Badan Pemberdayaan Masyarakat-Pemerintah Desa (BPM-PD) Kabupaten Sumbawa Tahun 2013.
Kepala BPM-PD Sumbawa, H Yahya Adam BA, kepada Gaung NTB Senin (6/5) menyebutkan 6 desa tersebut meliputi Desa Dete Kecamatan Lape, Desa Pemanto Kecamatan Empang, Desa Jorok Kecamatan Untir Iwis, Desa Moyo Mekar Kecamatan Moyo Hilir, Desa Lunyuk Rea Kecamatan Lunyuk dan Desa Ledang Kecamatan Lenangguar.
Keenam desa tersebut sekarang sedang dilakukan evaluasi lapangan dan pengambilan data oleh tim penilai tingkat kabupaten. Tim itu terdiri dari unsur BPM-PD, Dinas Diknas, Dinas Kesehatan, BPM-LH, BPBP, Diskoperindag, Bagian Hukum, Arpusda, Disporabudpar, Disperta, dan Kantor Ketahanan Pangan.
“Tim akan melakukan wawancara dengan pemerintahan desa, tokoh masyarakat, lembaga desa, dan bebarapa pihak berkempeten lainnya, sekaligus melakukan pengambilan data desa,” jelasnya.
Pada lomba desa ini ungkapnya, akan diambil 3 desa untuk mewakili kabupaten pada tingkat provinsi NTB yang akan digelar Juni 2013 mendatang.
Untuk diketahui, Lomba Desa Integrasi ini merupakan penggabungan dari beberapa lomba meliputi Lomba Desa dan Kelurahan, Lomba Posyandu, Lomba P2WKSS, Lomba Desa Kelurahan Mandiri.
Dari lomba integrasi tersebut, desa yang menjadi pemenang selanjutnya akan menjadi Desa Mandiri di Kabupaten Sumbawa yakni desa yang sudah memiliki kesadaran hukum, sadar wisata, tangguh bencana, sadar lingkungan, desa yang memiliki potensi pertanian, desa kreatif dan produktif, desa sehat dan desa yang memiliki beberapa kelebihan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar