Selasa, 07 Mei 2013

Sukseskan Pilgub, KPU Gelar Bintek PPK dan PPS

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB, sudah diambang pintu. Sebagai penyelenggara Pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa tentu telah mempersiapkan segala hal demi suksesnya pelaksanaan yang akan digelar 13 Mei 2013 mendatang. Salah satu persiapan tersebut adalah menggelar bimbingan tekhnis (bintek) PPK dan PPS Pilgub, 24—27 April 2013. Bertempat di Aula SMK Negeri 1 Sumbawa, Bintek itu digelar dalam tiga gelombang.
Anggota KPU Sumbawa, Sudirman S.IP kepada Gaung NTB menyebutkan, PPK dan PPS yang sudah mengikuti Bintek adalah yang berasal dari Kecamatan Tarano, Rhee, Buer, Alas, Utan, Lape, Lopok, Empang, Lenangguar, Plampang, Maronge, Moyo Hulu, Utan, Sumbawa, Lunyuk dan Untir Iwis. Selebihnya akan dilakukan secara bergelombang hingga 27 April mendatang. Diharapkan, PPK dan PPS yang telah mengikuti Bintek dapat melakukan hal yang sama kepada KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) yang berada di TPS.
Mengenai materi Bintek, adalah pemahaman tentang bagaimana proses rekapitulasi baik di tingkat PPK, PPS dan KPPS. Dalam Bintek itu juga PPK, PPS dan KPPS diingatkan kembali akan tugas dan kewajiban mereka sebagai penyelenggara Pemilu. Hal ini penting untuk memperkuat kembali komitmen independensi, dan kemandirian dalam bertugas agar dapat melahirkan Pemilu Gubernur yang sukses proses dan sukses hasil, sehingga dapat dipercaya masyarakat.
Di bagian lain Bintek, sambung Sudir, dilakukan simulasi proses perhitungan suara mulai dari tingkat KPPS, PPS sampai tingkat PPK. Simulasi ini untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam pengisian formulir rekapitulasi suara. “Kami harap apa diperoleh selama Bintek dapat dipelajari dan dipahami untuk disampaikan kembali kepada KPPS,” pintanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar