Kamis, 02 Mei 2013

Jalan Negara Kecamatan Lunyuk Tidak Dilengkapi Jembatan

Lunyuk, Sumbawanews.com. - Dari sedikitnya 5 sungai yang memotong jalan negara di Kecamatan Lunyuk, 4 diantaranya belum memiliki jembatan memadai. Sehingga, pada saat musim hujan dan banjir melanda masyarakat yang didominasi oleh patani kesulitan untuk mengolah dan membawa hasil pertaniannya.
 
Dari pantauan Sumbawanews.com, dari 5 sungai tersebut, hanya satu yang memiliki jembatan memadai. Sedangkan tiga lainya hanya memiliki jembatan limpas, dan satu sungai bahkan tidak memiliki sama sekali. Sehingga masyarakat musti membuat jembatan darurat secara swadaya. Dan jembatan tersebut hanya berada pada satu titik aliran sungai, yakni di Desa Emang Lestari. 
 
Dijembatan tersebut, terlihat masyarakat yang berjalan kaki ataupun menggunakan kendaraan roda dua, secara bergiliran untuk melintasi jembatan tersebut. Sebab dikhawatirkan, jembatan yang tidak terukur kemampuannya tersebut, dapat ambruk sewaktu-waktu bila menanggung beban berlebih. Sedangkan kendaraan roda empat atau lebih, musti melintasi derasnya aliran air melalui sungai.
 
Camat Lunyuk, Lukman,AR mengatakan, beberapa waktu lalu atau bersamaan dengan pembuatan jalan negara, pelaksana pernah menjanjikan pembuatan jembatan. Namun tanpa informasi lebih lanjut, rencana tersebut belum terealisasi hingga saat ini.
 
ia mengaku, masarakat kesulitan karena akses transportasi terputus saat musim hujan. Sebab, luapan air yang terjadi sewaktu-waktu membuat petani tidak dapat mengelolah lahan pertanian. Selain itu, masyarakat juga tidak dapat segera untuk membawa hasil pertanian ke rumah masing-masing. 
 
Dikatakan, pemerintah segera berupaya untuk mengusulkan pembuatan jembatan di jalan-jalan yang belum dilegkapi jembatan. “Ini musti diusulkan ke pusat. Karena jalan ini, jalan negara,” katanya. (Using)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar