Jumat, 25 Januari 2013

Pengungsi Yakin Peristiwa 221 Kriminalitas Murni dan Keadaan Segera Pulih


Sumbawa Besar, Sumbawanews.com. - Para pengungsi meyakini peristiwa 221 lalu merupakan kriminalitas murni. Selain itu, mereka juga menyakini bahwa pemerintah segera dapat mengatasi atau memulihkan keadaan Sumbawa secepatnya. 
 
“Saya sangat yakin, ini tidak ada kaitannya dengan agama, suku karena saya milihat sendiri bagaimana kejadian ini terjadi dan ini kriminalitas murni. Saya kan keluar, melihat-lihat kondisi saat itu, dari titik awal kejadian hingga akhir,” kata I Ketut Budha, salah seorang pengungsi di Kodim 1607 Sumbawa, Jum`at (25/01).
 
Menurutnya yang mengaku lahir dan bergaul banyak di Sumbawa, pengrusakan dan penjarahan yang terjadi tidak dilakukan oleh orang-orang yang ada disekirtar tempat tinggal. Sebab, tidak mengenali wajah-wajah yang melakukan pengrusakan dan penjarahan itu. 
 
“Mereka (Perusak dan Penjarah, red), tidak saya tahu muka-mukannya. Barangkali mereka orang-orang dari luar lingkungan kita,” jelasnya yang mengaku sebagai seorang pengajar, juga menambahkan tidak menyangka kejadian tersebut. Sebab, sesaat sebelumnya, kondisi dan aktifitas di dalam kota berjalan seperti hari-hari biasa. 
 
Ia yakin, dalam waktu dekat pemerintah dapat memulihkan keadaan Sumbawa sehingga dipandang tidak perlu melakukan eksodus, apalagi secara besar-besaran.  Sebab, kejadian tersebut bukan dilakukan oleh orang Sumbawa yang dikenal dapat menerima pluralitas. Namun, pemahaman dan pemikiran berbeda merupakan hal yang sangat wajar sehingga terjadi eksudus beberapa hari lalu. 
 
“Saya sempat tonton di TV, Bupati Sumbawa berbicara tentang kondisi Sumbawa di forum pertemuan antara pimpinan daerah. Bupati sangat bangga dengan kondisi Sumbawa yang kondusif karena memang demikianlah kenyataannya,” jelas dia. (Using)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar