Sabtu, 26 Januari 2013

JK dan Din Syamsuddin kunjungi korban bentrok Sumbawa

Sabtu, 26 Januari 2013 11:50:27   Reporter : Dedi Rahmadi 
 


Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin mengunjungi pengungsi korban kerusuhan di Kota Sumbawa Besar. JK mengajak seluruh warga Sumbawa untuk merekatkan kembali ikatan persaudaraan.

"Saya berharap dua atau tiga hari ke depan suasana sudah tenang dan pengungsi dapat kembali ke rumah. Pihak keamanan akan menjamin semuanya. Pemerintah juga akan membantu memperbaiki kerusakan bangunan dan fasilitas lainnya," kata Jusuf Kalla di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (26/1). Seperti dilansir Antara.

Ketua Umum PMI Pusat itu menegaskan bagi korban untuk tidak mengulangi kerusuhan tersebut. "KIta semua bersaudara," ujar JK.

Dalam kunjungannya tersebut, JK dan Din Syamsuddin juga didampingi oleh Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen TNI (Purn) Sang Nyoman Suwisma, Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat H Badrul Munir, Bupati Sumbawa Jamaludin Malik.

Sebelumnya, kerusuhan terjadi pada hari Selasa (22/1) di Kota Sumbawa Besar yang menyebabkan puluhan bangunan dan kendaraan bermotor dirusak dan dibakar massa. Kerusuhan itu dipicu oleh merebaknya isu SARA, menyusul meninggalnya Arniati (30) yang diketahui berboncengan sepeda motor dengan kekasihnya anggota polisi Brigadir I Gede Swarjana (31), Sabtu (19/1) sekitar pukul 23.00 WITA .

Akibat kerusuhan tersebut, 1.061 orang mengungsi di Kompi B Yonif 742, Kantor Kodim di Sumbawa Besar 930 orang dan di Polres sekitar 300 jiwa.
(mdk/ded)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar