Kamis, 22 Agustus 2013

Butuh Bantuan Polri Antisipasi Kerusuhan di Lapas Sumbawa


Kalapas Sumbawa,  FA Widyo Putranto
Sumbawa, PSnews — Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas II A Sumbawa, FA Widyo Putranto, Selasa (20/08/2013) mendatangi Polres Sumbawa. Kedatangannya untuk meminta bantuan Polres dalam mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di Lapas. Pasalnya, kerusuhan yang terjadi di Lapas Tanjung Gusta Medan maupun Labuhan Ruku, awalnya dilatarbelakangi oleh kondisi Lapas yang over kapasitas. Kondisi over kapasitas tersebut juga terjadi di Lapas kelas II A Sumbawa.

Menurut Widyo, sejauh ini situasi keamanan di Lapas Sumbawa umumnya kondusif. Namun pihaknya tetap mengantisipasi karena jika terjadi hal-hal negative maka akan merepotkan semua pihak, termasuk TNI dan Polri.

“Kami minta dari tanggal 2 Agustus sampai 20 Agustus, kami minta bantuan minimal 1 tenaga untuk bantuan penjaga pintu utama,” ujar Kalapas.

Menyikapi kondisi yang over kapasitas, menurutnya perlu diatur, sebab narapidana bisa diajak bicara siapa pun dia. Selama ini pihaknya melakukan pendekatan persuasive. Begitu juga dengan sarana prasarana seperti air dan listrik yang telah tersedia dengan baik. (PSb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar