Minggu, 04 Agustus 2013

Eksplorasi PTNNT Terhenti, Dianggap Timbulkan Masalah Baru

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Farhan Bulkiyah 
Sumbawa, PSnews — Selesainya kegiatan eksplorasi PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di Blok Elang Dodo, Kecamatan Ropang, bagi politisi di DPRD Sumbawa dianggap menimbulkan persoalan baru. Di antaranya pemberhentian sementara sejumlah karyawan, dan berhentinya kegiatan usaha yang melibatkan pengusaha-pengusaha lokal di wilayah eksplorasi. 

Ketua DPRD Sumbawa, H. Farhan Bulkiyah, dalam jumpa pers dan buka puasa bersama dengan media di Alifa Resto, Labuhan Sumbawa, Sumbawa Besar, Jum’at (02/08/2013), menegaskan, pihaknya bersama Pemda Sumbawa menampung aspirasi yang menuntut kejelasan dan klarifikasi dari perusahaan.

Selanjutnya, pihaknya memfasilitasi beberapa pertemuan melalui alat kelengkapan DPRD.
Untuk itulah DPRD mengharapkan pemerintah daerah agar pro aktif membangun komunikasi yang efektif dengan perusahaan dan masyarakat (khususnya wilayah eksplorasi). Sehingga tidak terjadi kesalapahaman terhadap isu-isu yang beredar terkait kelanjutan kegiatan eksplorasi PT NNT.

“Ini menganggu stabilitas di daerah, bagi tenaga kerja dan para supplier yang notabene sudah dikoordinir dengan baik. Oleh karena itu kita meminta kepada Pemerintah Kabupaten hingga Pemerintah Pusat, agar memastikan persoalan Newmont supaya tidak mengambang. Saya kira komisi teknis sudah pernah mengundang, tapi persoalannya, jawaban mereka selalu mengambang. Seperti ada sesuatu yang masih dirahasiakan perusahaan,” tandasnya.

Menurut Farhan, perusahaan dalam hal ini harus tegas. Kalau berhenti, maka nyatakan berhenti. Kalau akan dilanjutkan, kapan akan dilanjutkan. Sehingga pihaknya meminta Pemkab hingga pusat bekerja keras sesuai kewenangan masing-masing. (PSb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar