Jumat, 30 Agustus 2013

Kemenag Sumbawa Gelar Praktek Manasik Haji

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, menggelar praktek Manasik Haji untuk tingkat kecamatan yang berlangsung di Wisma Daerah Sumbawa, Senin (26/08). Disampaikan Pembimbing Manasik Haji, H Ahmad Arifin, kepada Gaung NTB, disela-sela pelatihan, menyampaikan bahwa praktek manasik haji untuk tingkat Kecamatan itu terdiri dari Kecamatan Sumbawa, Unter Iwes, Moyo Utara, Moyo Hulu, Lunyuk, Orong Telu, dan Kecamatan Maronge.
Manasik haji tersebut digelar katanya, untuk memberikan pembekalan terhadap calon jamaah haji. Selanjutnya dikatakan H Ahmad, materi-materi yang diberikan terhadap peserta tersebut adalah, materi hikma haji, materi siarah Mekkah Madina, pelestarian ibadah haji, adat-istiadat bangsa arab, teori manasik haji, materi kesehatan, dan teori perjalan haji.
Sebelumnya dijelaskan H Ahmadi, kegiatan tersebut telah digelar selama 7 hari dan hari Senin kemarin merupakan hari terakhir dengan agenda praktek agar materi yang telah diberikan tersebut dapat disempurnakan. “Sebelumnya para peserta telah kami berikan materi dan kini tingal di praktekkan saja,” ujarnya.
Menurut H Ahmadi, menunaikan ibadah haji bukan sekedar niat saja, namun harus juga dibekali dengan ilmu yang cukup mengingat syarat wajib haji adalah mampu, mampu dalam arti mampu secara materi, mampu secara fisik dan mampu secara ilmu. “Itulah alasan mengapa penting memberikan pembekalan terhadap peserta agar ilmunya memadai,” katanya.

Untuk itu H Ahmad, berharap kepada seluruh peserta yang hadir dan kepada seluruh calon jamaah haji Sumbawa agar tidak sekedar memasang niat saja, akan tetapi apa yang sudah didapatkan sebelumnya betul-betul dipraktekkan berdasarkan Al-Qur’an dan Sunah Rasul sehingga menjadi Haji yang Mabrul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar