Sabtu, 07 September 2013

Awasi DPS HP, Panwaslu Intensif Turun Lapangan

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Panwaslu Kabupaten Sumbawa terus memperketat pengawasan berkoordinasi dengan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan turun langsung ke lapangan untuk meminimalisir terjadinya kesalahan pada Daftar Pemilih Sementera Hasil Perbaikan (DPS HP). Upaya ini menurut Anggota Panwaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat S.IP kepada Gaung NTB, Jum’at (30/8) sebagai bentuk komitmen pihaknya agar Pemilu Legislatif 2014 mendatang berlangsung sukses.

Salah satunya adalah menggelar rapat koordinasi, Jumat (30/8). Rakor yang berlangsung di Sekretariat Panwas Kabupaten ini dibagi dalam 3 zona yakni, zona timur meliputi Panwascam Tarano, Empang, Plampang, Maronge, Lape, Labangka, Ropang dan Lantung. Zona Tengah yaitu Panwascam Kecamatan Sumbawa, Moyo Hulu, Moyo Utara, Moyo Hilir, Lunyuk, Orong Telu dan Lopok. Selanjutnya Zona Barat terdiri dari Panwascam Batu Lanteh, Untir Iwis, Labuhan Badas, Rhee, Utan, Alas, Alas Barat dan Buer.

Menurut Syamsi, kegiatan Rakor tersebut dihajatkan untuk meminimalisir terjadinya DPS HP ganda atau ada pemilih yang tidak masuk dalam DPS HP. Pasalnya masih ada kesepakatan untuk dilakukan perbaikan sebelum DPD HP menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT), pertengahan September mendatang. 

Syamsi berharap PPL dan Panwascam bekerja maksimal dalam pelaksanaan tahapan DPS HP sehingga dapat meminimalisir terjadinya kesalahan DPT nantinya. “Jika menemukan masalah di lapangan, PPL dan Panwascam segera menyampaikan kepada Panwas kabupaten untuk diteruskan kepada KPU agar dapat ditindaklanjuti,” pintanya.

Untuk diketahui, beber Syamsi, hasil pantauan lapangan masih ditemukan DPS HP yang belum sempurna, seperti di Kecamatan Maronge. Karenanya Syamsi mengingatkan KPU berhati-hati terkait pendataan pemilih. “Jangan muncul masalah seperti pemilu sebelumnya,” tegas Syamsi mewanti-wanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar