Sabtu, 07 September 2013

Dinas Diknas Gelar Bintek Pendidikan Karakter

Sumbawa Besar, Gaung NTB – Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Sumbawa melalui Seksi Kurikulum Bidang Dikdas, menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pendidikan Karakter. Kegiatan yang diikuti oleh utusan sekolah model tersebut berlangsung dari 2 hingga 4 September 2013 di Hotel Cirebon.

Kasi Kurikulum setempat, Junaidi S.Pd M.Pd dalam laporannya, menyampaikan bahwa bimbingan teknis pendidikan Karakter tersebut sangat penting. Sejak otonomi daerah, isu pendidikan karakter sudah mulai bergulir dan jalur yang paling penting dalam memahami karakter bangsa ini melalui dunia pendidikan, sehingga sosialisasi pendidikan karakter ini diserahkan kepada Dinas Pendidikan Nasional.

Munculnya pendidikan karakter, jelas Junaidi, karena adanya jati diri bangsa yang terpuruk dan hilang, sehingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Dikrektorat Pembinaan Sekolah Dasar dan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar mencanangkan program pendidikan karakter.

Untuk diketahui kata Junaidi, untuk mengembangkan pendidikan karakter ini, Kabupaten Sumbawa telah memiliki Tim Pengembang Pendidikan Dasar yang terdiri dari 7 orang. Mereka sebelumnya telah digodok untuk menjadi tim yang ditugaskan khusus untuk melakukan pendampingan dan pembinaan terhadap pendidikan karakter di Kabupaten Sumbawa dengan harapan dapat dikembangkan di sekolah lainnya.

Pada Bintek Pendidikan Karakter tersebut selain dihadiri oleh perwakilan 27 sekolah model juga dihadiri oleh 5 orang Kepala sekolah dasar yang pada tahun ini diprogramkan untuk mendapatkan bantuan Tekhnologi Informasi (IT) yang pada kesempatan tersebut, bantuan berupa laptop dan LCD diserahkan Kepala Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, Sudirman Malik SPd.

Sementara itu Kadis Diknas, Sudirman Malik SPd, menyatakan, pada prinsipnya pendidikan karakter berawal dari diri sendiri.

Apabila diri pribadi sudah menerapkan pendidikan karakter dalam kehidupan sehari-hari baru dapat disampaikan atau ditularkan kepada orang lain.

Karenanya Sudirman berharap kepada Tim Pengembangan yang sebelumnya telah mendapatkan pendidikan dan pembinaan, selain dapat menjadi contoh juga menjadi agen untuk dapat disampaikan kepada guru-guru yang lain sehingga hasilnya menjadi nyata.

“Saya tidak ingin apa yang kita lakukan ini hanya asal-asalan,” katanya mengingatkan. Dan kerugian besar, tandasnya, apabila pendidikan karakter tidak dapat ditularkan kepada orang lain. Apalagi pendidikan ini sudah melibatkan sekolah model, yang tentunya harus dapat menjadi contoh dan tauladan bagi sekolah-sekolah lain di Kabupaten Sumbawa. 

Sudirman mengajak semua pihak melaksanakan pendidikan karakter ini dengan ketulusan dan keikhlasan dalam suasana kebersamaan.

Pembicara pada pelatihan itu adalah berasal Tim Pengembang Pendidikan Dasar yaitu H Sukardi SPd, Erdawati SPd, Nuryanti SPd, dan Junaida Irianti SPd. Mereka mengupas tentang implementasi pendidikan karakter dalam budaya sekolah, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran berbasis PAIKEM, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dan Tematik, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPA dan Matematika, implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran PKn dan IPS serta sejumlah materi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar